Contact us: (+971 4) 2278544 Email : itpc.dubai@kemendag.go.id

Hambatan Perdagangan

May 28, 2018

Pelaku usaha asing yang ingin melakukan bisnis di UAE (diluar Free Zone Area) harus memiliki sponsor lokal, agen, atau distributor. Setelah dipilih, sponsor, agen penjualan, atau distributor diberikan hak eksklusif untuk memasarkan produk non-makanan (Undang-undang keagenan tidak mengatur produk makanan). Pemutusan kerjasama dengan agen atau distributor merupakan langkah yang sangat sulit di UAE. Pada Maret 2010, UAE mengeluarkan Undang-Undang Federal No. 2 tahun 2010 yang mengamendemen beberapa ketentuan Undang-undang Badan Perdagangan. Amandemen 2010  juga telah memulihkan kembali peran Commercial Agencies Committee khusus yang sebelumnya telah dicabut pada tahun 2006. Commercial Agencies Committee memiliki yurisdiksi terhadap sengketa yang melibatkan agen komersial terdaftar. Setiap perselisihan komersial harus dirujuk terlebih dahulu ke Commercial Agencies Committee.

Amandemen tersebut mencegah penghentian kerjasama dari agen komersial kecuali pihak prinsipal memiliki alasan materi untuk membenarkan pengakhiran perjanjian. Lebih lanjut, prinsipal tidak dimungkinkan untuk mendaftar ulang agen komersial atas nama agen lain meskipun masa kerjasama dengan agensi sebelumnya hanya berlaku untuk jangka waktu tertentu, kecuali: (i) pengakhiran kerjasama dilakukan secara damai oleh prinsipal dan agen; (ii) penghentian kerjasama dilakukan untuk alasan yang dapat dibenarkan serta meyakinkan  bagi Commercial Agencies Committee di UAE; atau (iii) putusan final yang dikeluarkan pengadilan untuk memerintahkan pengakhiran kerjasama dengan agensi.

Selanjutnya pada tahun 2011 Kabinet UAE mengeluarkan Resolusi No. 3 tahun 2011, mengenai komite ini. resolusi ini memberikan tanggung jawab kepada Komiteuntuk menerima aplikasi untuk menyelesaikan sengketa agensi dan bertanggung jawab atas proses pembatalan agen yang terdaftar. Komite diizinkan untuk tidak menyelesaikan sengketa yang dirujuk dan dapat menyarankan pihak-pihak untuk merujuk masalah tersebut ke litigasi. Suatu pihak dapat menantang keputusan Komite dengan mengajukan masalah kerjasama keagenan mereka ke pengadilan dalam waktu tiga puluh (30) hari sejak diterimanya pemberitahuan tentang resolusi dari Commercial Agencies Committee. Pengadilan menetapkan proses untuk mengajukan aplikasi sengketa keagenan dan menetapkan biaya sebesar USD 1.634 (AED 6.000) sebelum aplikasi dicatat. Setelah dicatat, Komite harus menjadwalkan tanggal untuk melakukan pemeriksaan sengketa tersebut dalam waktu enam puluh (60) hari. Komite diizinkan untuk mencari bantuan dari pihak ahli atau "pihak yang tepat" untuk melakukan tugasnya. Komite juga berhak untuk mendapatkan informasi dan dokumentasi lebih lanjut yang terkait dengan perselisihan dimaksud.

Agar pengusaha asing dapat berpartisipasi dalam tender pemerintah, pemerintah UAE mensyaratkan perusahaan untuk melakukan pra-kualifikasi, dan tentunya harus menjadi perusahaan yang sudah terdaftar. Tender pemerintah UAE tidak dilakukan sesuai dengan standar internasional yang berlaku umum. Tender pemerintah di UAE dapat dilakukan berulang-ulang, seringkali sebanyak tiga atau empat kali. Untuk mengikuti tender pemerintah, pemasok atau kontraktor harus merupakan perusahaan nasional UAE atau perusahaan di mana warga negara UAE memiliki setidaknya 51 persen dari modal saham di perusahaan tersebut. Tender pemerintah harus disertai dengan penawaran obligasi  dalam bentuk jaminan bank tanpa syarat sebesar 5 persen dari nilai penawaran. Namun, peraturan ini tidak berlaku untuk pemenangan proyek-proyek besar atau proyek dibidang pertahanan, dalam kondisi tidak ada perusahaan lokal yang dapat menyediakan barang atau jasa yang diperlukan dalam proyek tersebut.

Pemerintah UAE bekerja keras untuk mendorong lebih banyak pekerjaan bagi warga negaranya. Semakin banyak perusahaan swasta diminta, bahkan terpaksa merekrut warga negara UAE, guna mempertahankan persentase jumlah pekerja lokal di perusahaan mereka.

Al Masraf Tower 4th Floor Office No. 403
Baniyas Road, Deira Dubai - United Arab
Emirates Postal Address PO. Box 41664
(+971 4) 2278544